Perjanjian Penegakan Hukum Kehutanan FLEGT

Diplomasi ekonomi yang dilakukan, sejauh ini, juga telah terbukti memiliki hasil yang signifikan untuk dua kepentingan strategis ekonomi Indonesia, salah satunya adalah di sektor penerbangan komersial. Indonesia menyambut keputusan Komisi Eropa pada bulan Juni 2018 untuk menghapus semua maskapai penerbangan yang disertifikasi di negara tersebut dari Daftar Keselamatan UE setelah perbaikan dalam situasi keselamatan penerbangan yang dipastikan di negara tersebut terkait dengan sistem pengawasan keselamatan dan penerapan standar keselamatan penerbangan internasional.

Selain itu, Indonesia telah menjadi negara pertama yang menyelesaikan Perjanjian Penegakan Hukum Kehutanan, Pemerintahan dan Perdagangan (FLEGT) – Kesepakatan Kemitraan Sukarela dengan Uni Eropa. Dengan pengaturan ini, produk kayu Indonesia tidak memerlukan uji tuntas untuk memasuki pasar Eropa.

Diplomasi ekonomi Indonesia telah dilakukan oleh pemerintah secara lebih terkoordinasi dengan melibatkan berbagai pemangku kepentingan, termasuk badan usaha milik negara, bank, dan sektor swasta.

Menteri Luar Negeri Marsudi menekankan bahwa diplomasi tidak lagi didominasi oleh diplomat karena diplomasi adalah sesuatu yang harus dilakukan secara inklusif. Oleh karena itu, pemangku kepentingan lain juga harus dilibatkan.

Masing-masing individu kita, satu per satu, tumbuh dan bergerak bersama ke berbagai belahan dunia demi Indonesia. Baca selengkapnya di halaman jasa seo terbaik. Mari kita bekerja keras bersama untuk negara Indonesia yang maju, makmur, dan bermartabat, serta dunia yang lebih damai dan makmur, Menteri Marsudi menambahkan.

Indonesia Night, sebuah acara di sela-sela pertemuan World Economic Forum (WEF) di Davos, Swiss, bertujuan untuk meningkatkan jejaring bisnis dan menampilkan sektor potensial Indonesia.

Acara yang diadakan pada 23 Januari ini diharapkan akan menarik para pemimpin bisnis global yang menghadiri WEF untuk berinvestasi di negara tersebut, Duta Besar Indonesia untuk PBB, Organisasi Perdagangan Dunia, dan organisasi internasional lainnya di Jenewa, Hasan Kleib mencatat dalam sebuah pernyataan di sini di Jumat. Acara tahunan ini akan menawarkan kesempatan untuk meningkatkan koneksi di antara para pemangku kepentingan bisnis dan mengeksplorasi potensi untuk memperluas bisnis di Indonesia, kata Kleib. Klik jasa seo berkualitas.

Hadir dalam acara tersebut adalah Menteri Koordinator Bidang Kelautan Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara, Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Thomas Lembong, Duta Besar Indonesia untuk Swiss Muliaman Hadad, dan Ketua Eksekutif WEF Profesor Klaus Schwab.

Artikel terkait: jasa rental mobil bali lepas kunci terpercaya.

Acara ini dihadiri oleh sekitar 900 tamu, termasuk para pemimpin bisnis yang berpartisipasi dalam forum. Schwab mencatat dalam pidatonya bahwa Indonesia Night akan menawarkan momentum untuk mengembangkan interaksi bisnis dan meningkatkan reputasi Indonesia di arena global.

Sebagai negara besar, ia yakin Indonesia perlu menggali potensinya melalui kerja sama dengan beberapa pemain global. Penyederhanaan proses perizinan bisnis di negara ini akan menarik lebih banyak pengusaha di dunia.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mempromosikan tiga misi pariwisata di Feria Internacional de Turismo (FITUR) di Madrid, Spanyol, yang diadakan pada 23-27 Januari 2019.