Depresiasi Rupiah Masih Dipengaruhi Sentimen Eksternal

Menteri mengatakan, pembangunan infrastruktur telah menjadi salah satu prioritas pemerintah. Selama dialog, menteri telah menyampaikan kemajuan dalam pengembangan infrastruktur darat, laut dan udara serta ekonomi makro. Presiden Joko Widodo telah menyatakan harapannya akan sertifikat halal gratis untuk pengusaha mikro termasuk penjual makanan jalanan seperti penjual bakso dan mie ayam.

Saya berharap tidak ada bayaran untuk pengusaha mikro ini, presiden, atau Jokowi seperti yang dikenalnya, setelah pertemuan massa di Lapangan Deltamas di Desa Hegarmukti, Kabupaten Bekasi pada hari Minggu. Presiden mengakui bahwa pengusaha mikro telah meminta otoritas untuk memberikan sertifikat halal untuk produk mereka. Pengusaha mikro lainnya, pedagang kaki lima, juga mencari sertifikat halal.

Tentang draf peraturan pemerintah tentang jaminan produk halal, Jokowi mengatakan, hal itu sudah dibahas oleh pemerintah. Ini (peraturan) terkait dengan banyak usaha kecil dan mikro, industri rumah tangga, di kampung dan desa, katanya. Menurut Jokowi, sertifikat halal idealnya bisa dikeluarkan dalam satu hari. Sebelumnya Sekretaris Jenderal Pedagang Mie dan Bakso Indonesia (Papmiso) Bambang Hatyanto telah menyatakan harapan untuk sertifikasi halal untuk produk mereka.

Setiap masalah yang berkaitan dengan sertifikasi halal produk mereka dapat mengurangi omset mereka hingga 50 persen, katanya. Rupiah Indonesia jatuh 51 poin menjadi ditutup pada Rp14.120 per dolar AS di pasar antar bank Jakarta pada akhir pekan, didorong oleh kembalinya ekspektasi pasar bahwa Fed akan menaikkan suku bunganya. Analis Monex Investindo Futures Dini Nurhadi Yasyi mengatakan pada hari Jumat depresiasi rupiah masih dipengaruhi oleh sentimen eksternal, terutama ketidakpastian atas pembicaraan perdagangan AS-Cina dan penguatan indeks dolar.

Setelah PDB AS yang dirilis semalam baik, ekspektasi pasar akan kenaikan suku bunga (Fed) semakin menjadi kuat, setidaknya akan dinaikkan sekali (tahun ini), katanya. Sentimen terkait kebijakan moneter Fed sangat sensitif bagi negara-negara berkembang, termasuk Indonesia, katanya.

Dalam sepekan terakhir, rupiah masih belum bisa mencapai level di bawah Rp13.900, level terkuat sejak rupiah terdepresiasi tajam hingga Rp15.000 per dolar tahun lalu. Di sisi domestik, tidak ada katalis kuat untuk mendorong rupiah untuk lebih meningkat. Inflasi kami yang terkendali juga tidak bisa menjadi katalisator yang kuat, katanya.

Rupiah melemah di Rp14.101 per dolar pada pembukaan perdagangan. Sepanjang hari, rupiah bertahan di kisaran Rp14.101 hingga Rp14.130 per dolar. Menurut kurs tengah Bank Indonesia pada hari Jumat, rupiah jatuh ke Rp14.111 per dolar dibandingkan dengan Rp14.062 per dolar sebelumnya. Indonesia mengenakan tarif nol pada kurma dan minyak zaitun dari Palestina, sebagai komitmen berkelanjutan untuk mendukung pembangunan sosial dan ekonomi rakyat Palestina.

Hal ini juga diharapkan untuk meningkatkan daya saing produk-produk Palestina, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengatakan dalam siaran pers pada hari Jumat. Lukita dan Wakil Menteri Luar Negeri AM Fachir mendampingi Wakil Presiden Jusuf Kalla dalam pertemuan dengan Duta Besar Palestina untuk Indonesia Zuhair Al Shun, sebelum pengumuman penetapan tarif nol di Kantor Wakil Presiden di Jakarta, Kamis (28 Februari).

Lukita mengungkapkan bahwa ketentuan tentang penghapusan tarif untuk dua produk Palestina telah aktif sejak 21 Februari 2019, ditandai dengan pengiriman nota diplomatik oleh Kementerian Luar Negeri Indonesia ke Palestina. Dengan menerapkan kebijakan ini, orang Indonesia akan dapat mengkonsumsi kurma yang diimpor dari Palestina selama Ramadan pada bulan Mei-Juni mendatang.

Penghapusan tarif juga merupakan langkah penting untuk peningkatan hubungan perdagangan bilateral Indonesia-Palestina. Data dari Badan Pusat Statistik (BPS) menunjukkan total perdagangan antara Indonesia dan Palestina pada tahun 2018 mencapai US $ 3,5 juta, yang terdiri dari ekspor Indonesia sebesar $ 2,8 juta, meningkat 34 persen dibandingkan dengan 2017 (YoY). Impor berjumlah $ 727 ribu, atau naik 113 persen.