BPS Mencatatat Tingkat Inflasi Negara Pada Desember 2018 Turun

Menteri menyatakan bahwa pembiayaan anggaran hanya tercatat sebesar Rp300,4 triliun, karena kinerja penerimaan negara yang memadai hingga akhir tahun lalu. Penurunan realisasi pembiayaan juga diikuti oleh penurunan pembiayaan utang bersih, katanya. Dengan pembiayaan, saldo primer hanya tercatat minus Rp1,8 triliun, yang berarti bahwa pembiayaan untuk mengimbangi hutang semakin menurun, katanya.

Rupiah Indonesia naik 20 poin menjadi ditutup pada Rp14.450 terhadap dolar AS pada Rabu malam dibandingkan dengan Rp14.470 sebelumnya. Tingkat inflasi 2018 yang memenuhi target yang ditetapkan pemerintah sebesar 3,5 persen, dengan penyimpangan 1 persen, adalah salah satu alasan apresiasi rupiah, kata pengamat pasar uang Rully Nova dari Bank Woori Saudara Indonesia.

Inflasi yang terkendali akan mampu menjaga stabilitas pertumbuhan ekonomi, tambahnya. Badan Pusat Statistik (BPS) pada hari sebelumnya mencatat bahwa tingkat inflasi negara itu pada Desember 2018 mencapai 0,62 persen, turun dari 0,71 persen pada bulan yang sama tahun sebelumnya, Inflasi Desember 2018 membawa inflasi kalender dari Januari hingga Desember 2018 ke 3,13 persen dan inflasi year-on-year menjadi 3,13 persen, agensi mencatat.

Nova menambahkan bahwa apresiasi rupiah juga disebabkan oleh sentimen negatif terhadap dolar AS. Dolar AS melemah terhadap sejumlah mata uang global karena agen pasar berhati-hati dalam merespons kebijakan Fed yang cenderung dovish, katanya.

Berita rujukan rental mobil bali bisa system lepas kunci.

Ekonom Ahmad Mikail dari Samuel Sekuritas mengungkapkan bahwa penutupan sebagian pemerintah AS juga telah meningkatkan harapan publik bahwa ekonomi AS akan melambat pada 2019. Itulah salah satu faktor yang mendorong agen pasar untuk menaruh uang mereka dalam yen Jepang sebagai aset safe haven. Apresiasi yen berdampak positif pada rupiah, tambahnya.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengklaim kembali posisinya sebelumnya sebagai menteri yang paling dihormati pada tahun 2018 berdasarkan hasil penelitian Indonesian Indicator (I2) karena mendapat perhatian media yang maksimal.

Ini cukup menarik, karena dari 100 media yang paling banyak dilaporkan, hanya satu persen dari angka yang terkait dengan ekonomi. Namun, dalam sorotan media tentang pemerintah, ekonomi adalah juara, Direktur Komunikasi I2 Rustika Herlambang mencatat dalam pernyataan tertulisnya di Jakarta pada hari Selasa.

Masalah ekonomi muncul tahun ini, sehingga Indrawati tidak hanya tokoh tetapi juga menteri pusat, yang paling dicari, dan pendapatnya ditunggu oleh publik. Selama 2018, total 2.300 media online di seluruh Indonesia melaporkan tentang Indrawati dalam 48.365 berita.

Menurut Herlambang, berbagai isu terkait kebijakan di bidang fiskal dan moneter, perhitungan laba Freeport, dan pertemuan IMF-Bank Dunia adalah beberapa hal yang menjadi sorotan Indrawati.

Dalam sebulan, rata-rata, Sri Mulyani (Indrawati) diliput dalam 3.969 berita, atau sekitar 130 berita per hari, katanya. Pada 2017, Indrawati juga disebut oleh I2 sebagai sosok yang paling terhormat. Saat itu, jumlah berita di Indrawati mencapai 35.530.

Airlangga Hartarto dinobatkan sebagai menteri paling terhormat kedua di tahun 2018. Menteri Perindustrian melesat ke posisi kedua, dengan 38.167 berita. Faktanya, pada tahun 2017, nama Hartarto tidak masuk dalam daftar 10 besar menteri yang paling dihormati.